Kali ini saya membahas tentang intake dan exhaust yang ada pada mobil pada umumnya.
Saluran Masuk dan Buang
Saluran masuk dihubungkan denagan karburator dan pintu masuk pada blok silinder (mesin katup disamping) atau kepala silinder (mesin katup diatas kepala), itu terbuat dari besi tuang atau sedikit campuran dan bentuknya dibuat sedikit mungkin tahanan aliran adapun mencapai aliran yang baik.
Karburator sering ditempatkan di tengah saluran masuk yang bercabang ke seluruh pintu pemasukan. Bentuk saluran masuk tergantung pada jenis karburator kelengkapan mesin dan bagaimana pintu masuk dan buang pada kepala silinder. Sebuah mesin dengan lokasi pintu sesuai dengan prinsip aliran penyilangan pada satu sisi dan pintu pengeluaran pada sisi lain. Pada mesin jenis V lokasi saluran masuk di antara kedua barisen silinder. Karburator untuk mesin adalah karburator dua pintu masuk dimana pintu kiri melayani silinder 1,7,4 dan 6 serta piuntu kanan kerburator melayani silinder yang lainnya.
Saluran masuk untuk bahan bakar bensin yang di injeksikan dapat di buat dengan berbagai cara sebagaimana cara berikut. Saluran masuk mesin 4 silinder yabg tiap silinder mempunyai pipa pemasukan sendiri dan jarum injeksi.
Sekian :)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar