Hy sobat,kali ini saya membahas tentang distributor/pembagi pengapian pada kendaraan. Let's go
Distributor
Distributor umum di dengar pada kendaraan. Tutup distributor dan lengan rotor dibuat dari bahan isolasi dengan di sekelilingnya metal terhubung. Arus tegangan tinggi disalurkan ke silinder dalam urutan yang benar,urutan pengapian pada mesin 4 silinder segaris mempunyai urutan pengapian 1-3-4-2 atau 1-2-4-3. Umumnya urutan pengapian untuk mesin 6 silinder segaris adalah 1-5-3-6-2-3.
Titik kontak ditempatkan pada pelat dudukan titik kontak. Bagian bergerak dari titik kontak dan poros pada bantalan isolasi. Menempatkan titik kontak adalah diikat baut pada plat dan massa (body). Kam di tempatkan pada poros distributor yang bekerja di rumah distributor. Kam mempunyai banyak bubungan sesuai dengan jumlah silinder mesin dan berputar setengah putaran dari kecepatan mesin.
Distributor umumnya diputar dari poros bubungan. Penhapian dikontrol oleh sentrifugal regulator yang terpasang pada poros distribuor di bawah kam dan vacum regulator yang dipasang pada rumah distributor.
selamat membaca ^_^ !
Tidak ada komentar:
Posting Komentar