Batang Torak
Batang torak diikat pada pena engkol denagan bantalan pena engkol yang ujung atas dihubungkan pada piston dengan perantaraan pin piston. Batang torak adalah baja tempa campuran dengan mempunyai tegangan yang dilengkapi kekuatan tinggi dan ringan. Pada tiap tenaga menekan batang torak memperoleh muatan berat. Tenaga itu mempunyai perlawanan diantara 10-20kN atau 1000-2000 kg tanpa bengkok (dalam mesin diesel tenaga diterima batang torak ada beberapa kali lebih tinggi).Berat batang torak harus sekecil mungkin untuk mengurangi beban bantalan gaya sentrifugal dari gaya berat dan pada batas inersia dari berat bolak-balik. Pada TMA dan TMB berat lengan bolak balik mempunyai penurunan untuk melawannya hanya dengan percepatan yang cepat, batang torak yang ringan maksudnya kecil tenaga yang hilang dari perlambatan dan percepatan. Jika mesin berputar tanpa gerakan dan muatan tidak sama pada poros engkol dan bantalan, batang torak dalam mesin harus beratnya sama. Dengan kata lain ketelitian perencanaan bobot keseimbangan poros enkola harus dipersamakan dengan ketelitian yang sama pada berat batang torak yang sesuai.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar